6 Tips Membuka Toko Online Agar Tidak Cepat Bangkrut

 

Bisnis online sudah menjadi tren di era saat ini di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Penggunaan internet yang sudah meluas sampai ke pelosok negri. Membuat para pengusaha di internet, kebanjiran pelanggan. Hal itulah yang membuat banyak orang ingin mencoba membuka toko di olshop. Dan kalau kitapun ingin mencoba toko online, alangkah baiknya simak 6 Tips Membuka Toko Online Agar Tidak Cepat Bangkrut yang akan saya jelaskan di bawah ini. Supaya kita tidak kebingungan bagaimana memulainya…

 

 

1. Tentukan Produk/Jasa Yang Akan Kita Jual

Banyak sekali orang yang kadang kebingungan menentukan barang/jasa apa yang akan di jual di Olshop tersebut. Entah itu karena tidak punya ide, atau terlalu banyak milih – milih produk/jasa yang mau di jualnya. Daripada kebanyakan mikir lebih baik kita juala barang yang emang kita sukai dan kuasai. Dengan begitu kitapun akan sepenuh hati menjualnya. Dan krtika kita melayani customer, kita tidak akan kebingungan menjawabnya. Yak karena memang kita sudah tau dan faham tentang produk/jasa tersebut. Dan satu hal lagi yang menguntungkan kita adalah, ketika barang ada yang rusak atau rijek, kita tidak perlu khawatir karena bisa kita gunakan untuk pribadi.

Contohnya kita suka dengan sepakbola. Kita bisa jual jersey bola, sepatu bola, atribut – atribut bola dan lain – lain.

 

 

 

2. Modal

Hal inilah yang kadang selalu menjadi kendala di saat kita ingin berbisnis di bidang internet. Modal sangat penting, kita tidak dapat membuka toko online tanpa modal. Memang sih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk berbisnis di dunia internet. Contohnya seperti menjadi reseller/Dropshiper di SB1M. Tapi di sini saya tidak akan membahas itu. Dalam hal ini kalau kita memang benar – benar tidak memiliki modal. Kita bisa join sama teman kita, atau kita bisa mencari investor untuk modal usaha kita. Tapi kalau memang kita berniat membangun dari nol sendirian. Lebih baik bekerja dulu dan nabung untuk modal usaha.

 

 

 

3. Menentukan Nama Toko

Untuk menentukan nama toko, buatlah yang unik dan mudah diingat. Disini saya menyarankan membuat nama toko yang sesuai dengan apa yang kita jual. Agar ketika orang lain mendengar nama toko kita, mereka langsung bisa menebak apa yang kita jual. Hal inilah yang membuat pelanggan kita lebih tertarget. Misalkan kita menjual kerudung kita bisa memberi nama toko seperti ‘Hijabtrendi’ atau ‘Shopsyar’i’.

 

 

 

4. Jual Produk/Jasa Ke Lingkungan Sekitar

Sukses di bisnis online, bukanlah perkara yang mudah dan praktis. Pasti ada tahap – tahap kecil yang harus kita jalankan terlebih dahulu. Salah satunya menjual produk/jasa di lingkungan kita terlebih dahulu. Seperti ke teman – teman kita, sodara atau masyarakat yang ada di kota tempat kita tinggal. Dengan begitu kita sudah terlatih di tahap awal penjualan. Yang lokasinya mudah kita jangkau dan tidak memerlukan biaya iklan. Kita bisa menjual via whatsapp atau medsos yang notaben nya pasti teman – teman di lingkungan kita. Kalau sudah sukses dan punya modal besar, barulah kita mulai dengan jangkauan yang lebih luas. Melalui iklan berbayar seperti google ads, fb ads, instagram, youtube dan lain – lain.

 

 

 

5. Konsisten dan fokus

Biasanya ketika kita menjalankan bisnis kita selama 2 sampai 3 bulan, kita akan merasa mulai malas dan kecewa. Dengan keuntungan yang pas pasan di awal. Sampai akhirnya kita berhenti. Saran saya lebih baik lanjutkan. Karena kita tidak tahu kapan kita akan sukses. Selama bisnis kita masih jalan dan ada kentungannya walaupun kecil, lebih baik kita pantang menyerah. Kembangkan terus bisnis kita, fokus, dan jangan bermalas – malasan. Karena yang namnya kerja keras tidak akan menghianati hasil.

 

 

 

6. Rajin Berdo’a dan Bersedekah

Inilah hal paling penting yang harus kita perhatikan. Karena mau sekeras apapun kita berusaha, tentu Tuhan lah yang menentukan. Oleh karena itu rajinlah beribadah dan berdoa. Supaya kita di beri kemudahan dalam menjalankan bisnis kita. Selain itu banyak – banyak bersedekah dengan ikhlas dan semampunya. Karena apapun yang kita lakukan terhadapa seseorang sudah pasti akan di balas kelak. Dengan rajin bersedekah, Tuhan pasti akan membalasnya dengan berkali kali lipat.

 

 

 

 

Baiklah, itu saja mungkin tips yang bisa saya berikan.. Semoga bermanfaat dan dapat membuat usaha mu sukses.

Good Luck.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *